RAIH BERKAH BERSAMA

RAIH BERKAH BERSAMA

7 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu mineral yang jumlahnya paling banyak dari mineral-mineral lain yang terdapat dalam tubuh manusia. Dalam tubuh kita kalsium ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan, terutama pada tulang, untuk mencegah keropos (oesteoporosis), serta membantu memperkuat struktur tulang kita. 


Kaslium yang terdapat pada tubuh manusia jumlahnya juga berbeda-beda menyesuaikan tingkatan usia. Kebutuhan kalsium tertinggi ada pada tubuh wanita dewasa yang berusia 50-70 tahun. Rata-rata wanita dewasa membutuhkan kalsium sebesar 1.200 mg per harinya sedangkan pria dewasa hanya membutuhkan kalsium sebesar 1.000 mg per hari. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia kita, maka kalsium yang ada di dalam tubuh akan semakin menurun kandungannya.




Berikut Tabel Kebutuhan Asupan Kalsium Berdasarkan Gender

A. Kebutuhan Asupan Kalsium Harian Lelaki

Umur (tahun)                        Keperluan kalsium dalam mg 

8 – 11                                             800 mg 
12 - 15                                           800 mg
16 - 18                                           800 mg
19 - 64                                         1000 mg
melebihi 64                                   1200 mg

B. Kebutuhan Asupan Kalsium Harian Wanita

Umur (tahun)                             Keperluan kalsium dalam mg 

8 – 11                                                900 mg
12 – 15                                            1000 mg
16 – 18                                              800 mg
19 – 54 (menopause)                          800 mg
Melebihi 54 (lanjut usia)                     1200 mg
Masa kehamilan                                 1100 mg
Masa menyusui                                  1200 mg


Lalu bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya? Apakah sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita setiap hari? Ternyata tidak sulit, mudah dan gampang. Bahkan bahan-bahan makanan yang kita anggap biasa saja jumlah kalsiumnya justru lebih banyak.

Berikut daftar bahan-bahan yang mengandung tinggi kaslium:

1. Bayam
Siapa sih yang tidak pernah makan bayam? Pasti sudah pernah memakannya, bahkan popeye saja juga doyang makan bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah kita jumpai di pasar-pasar bahkan diperkarangan rumah orang juga ada yang nanam. Bayam mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium kita setiap harinya.

2. Kacang Kedelai
Bagi yang menyukai kacang-kacangan nah kacang kedelai yang mempunyai kandungan kalsium tertinggi yaitu 261 mg per 1 cangkir kedelai rebus. Kacang kedelai bisa kita dapatkan dipasar tradisional bahkan pasar modern.

3. Susu
Susu merupakan produk yanag paling populer di kalangan masyarakat dunia, sebagai salah satu bahan makanan yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium. Setiap satu gelas susu memiliki kandungan kalsium sebanyak 270 mg, karena hal itu disarankan untuk menkonsumsi susu rutin setiap 2 kali dalam sehari agar kebutuhan kalsium dalam tubuh dapat tercukupi.

4. Jeruk
Buah yang satu ini merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, ternyata jeruk juga memiliki kandungan kalsium dalam setiap buahnya. Setiap 100 gr buah jeruk memiliki 33 mg kalsium, cukup banyakkan..? Nah, silahkan dikonsumsi setiap hari yaa..

5. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan jenis ikan laut yang sering bermigrasi / berpindah. Ikan salmon juga dikenal sebagai ikan mahal karena kandungan gizinya yang banyak. Meraka hidup di samudra atlantik dan samudra pasifik. Untuk per 3 ons ikan salmon mengandung 181 mg kalsium.

6. Tahu
Tahu merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Tahu juga salah satu menu andalan masyarakat indonesia, selain rasanya yang nikmat tahu juga bbisa kita dapatkan di pasar-pasar tradisional bahkan pasar modern.

7. Cabe
Bahan yang satu ini merupakan bahan yang dikenal sebagai sumbernya pedas. Setiap masakan atau makanan jadi kalo tidak ditambah cabe rassanya kurang nikmat. Tahukah Anda? Bahwa selain terkenal dengan rasa pedasnya cabe juga memiliki kandungan kalsium yakni 11 mg dalam setiap 100 gr  nya.




*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share yaa.. ^_^