Pengusaha sukses, termasuk anda, harus beradaptasi dengan lingkungan
bisnis yang selalu berubah. Selain aspek dalam menjalankan bisnis sehari-hari,
perusahaan juga harus mempertimbangkan bahan dan barang, kelangkaan energi,
inflasi, resesi ekonomi, pengangguran, dan perubahan teknologi. Untuk
menjadikan perusahaan sebagai sebuah perusahaan yang menguntungkan, anda juga
harus merespon pasar dengan produk dan iklan. Sebuah alat penting untuk
mengukur pasar dan menjaga kompetitif adalah riset pemasaran yang efektif.
Riset pemasaran adalah pencarian informasi yang akan membantu anda sukses
dalam menangkap pangsa pasar. Riset pemasaran berfokus pada pemahaman
“Pelanggan” (pembeli, konsumen), “Perusahaan” (desain produk, promosi, harga,
penempatan, layanan, penjualan), dan “persaingan”. Hubungan ketiga elemen
tersebut merupakan inti dari riset pemasaran. Perusahaan harus memahami dan
merespon apa yang pelanggan inginkan dari produk mereka. Namun, hubungan ini
selalu dipengaruhi oleh pesaing dan bagaimana produk mereka diterima oleh pasar
Anda. Dengan demikian, Anda harus jelas mengidentifikasi pelanggan, perusahaan,
dan persaingan sebelum mengembangkan sebuah proyek riset pemasaran.
Ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mulai,
termasuk:
- Pelanggan anda dan persaingan produk anda
- Kesadaran dan citra produk Anda
- Penggunaan Produk
- Permasalahan dengan produk Anda
- Keinginan pelanggan dan kebutuhan untuk pengembangan produk baru
Dalam situs qualtrics.com, dijabarkan setidaknya ada 20
jenis riset pemasaran yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun
fungsi-fungsi tersebut berfokus pada pengembangan konsep produk dan pelayanan
agar dapat diterima dengan baik oleh pasar. Namun yang perlu diingat, hal terpenting
dalam sebuah riset pemasaran adalah proses pengerjaanya bukan pada hasilnya.
Oleh karena itu, kunci sebuah riset pemasaran ada pada orang yang mengerjakan
riset tersebut. Orang tersebut harus memahami permasalahan yang dibawa dalam
riset pemasaran yang dikerjakan dan kemudian menggunakan informasi-informasi
yang tepat untuk mengerjakan riset tersebut. Hal ini memerlukan identifikasi
pertanyaan riset yang sesuai, responden, metodologi, analisis dan pelaporan.
Pertanyaannya sekarang, perlukah anda melakukan riset pemasaran? Jika
melihat penjabaran di atas, sudah pasti jawabannya perlu. Apapun perusahaan
anda baik besar atau kecil, riset pemasaran diperlukan agar produk yang anda
hasilkan dapat diterima dan tidak menjadi produk yang gagal.
Ditulis oleh: Zahir
1 komentar:
Mantep artikelnya gan, ayoo tambah lagi!!!!
obat kutil kelamin
obat herbal kutil kelamin
obat kutil kelamin ampuh
obat kutil kelamin mujarab
obat kutil kelamin herbal
obat kutil kelamin tradisional
obat kutil kelamin tanpa operasi
obat kutil kelamin murah
obat kutil kelamin alami
obat kutil kelamin terbaru
obat kutil kelamin baru